Pengetahuan Seni



Pengetahuan Seni ada 3 titik pembahasan antara lain :  1. Pemahaman pengetahuan
                                                                                                  2. Pemahaman konsep-konsep seni
                                                                                                  3. Pemahaman seni


I.           Pemahaman / Pengetahuan
II.        Pemahaman Konsep-konsep Seni
              Terbingkai dalam beberapa cabang seni antara lain; seni tari, seni rupa, seni musik, seni teather, seni suara dan banyak lagi seni-seni yang lain.

III.     Pemahaman Seni dari Segala Aspeknya
      Sesuai garis filosofi    
Manusia diciptakan tuhan dengan segala kelebihannya dibanding dengan makhluk lain. Manusia selalu mencari kebenaran dan kesempurnaan sepanjang hidupnya. Kebenaran yang ingin dicapai ada tiga hal pokok,antara lain :
1.      Kebenaran
      Dapat dicapai dengan akal/rasio, ilmu pengetahuan
2.      Kebaikan
Dapat dicapai dengan iman atau kepercayaan
3.      Keindahan
Dapat dicapai dengan melalui seni
            Kesemuanya itu bisa dirasakan oleh setiap individu tentulah tidak sama, hal itu tergantung dari sensibilitas {kepekaan rasa} dari individu itu sendiri.

III.a      Seni, Keindahan dan Estetika
      Seni selalu dihubungkan dengan keindahan. Keindahan dalam kesenian merupakan susunan dari berbagai keselarasan {Harmoni} dan perlawanan {Kontras}dari unsur garis, warna, bentuk, nada dan kata. Seni dan keindahan selalu dikaitkan dengan istilah estetika --------- istilah ini berasal dari kata Aestetic (bahasa yunani;) yang artinya bermakna, penyerapan, perasaan, dan pengalaman yang digunakan untuk cabang filsafat yang berhubungan dengan seni dan keindahan, tetapi sekarang istilah seni, keindahan dan estetika sudah dipersamakan dalam pembicaraan tentang seni.
      Pengertian keindahan, apakah sifat dasar keindahan itu, terdapat peda benda/karya seni yang indah atau terletak pada tanggapan pengamat karya seni tersebut. Fenomena ini terungkap bahwa sebuah benda/karya seni dan dan pengamat karya seni itu sendiri selalu berhubungan erat  dan tidak dapat terpisahkan karena hal ini disebut dengan komunikasi dalam seni {art communicative}, tanpa salah satunya itu tak berarti apa-apa.
      Persoalan diatas yang pada akhirnya membuahkan dua teoritis yaitu;
1.      Obyektivitas
2.      Subyektivitas
Dan yang paling berperan dalam menentukan keindahan adalah subyek itu sendiri hal ini pernah dipaparkan oleh Hendry Home/Lord, Ansley, Edward Burke yang menyatakan bahwa sebuah karya seni tidaklah memiliki keindahan, tanggapan perasaan, dan pengalaman estetis melainkan hanya pengamatlah yang menjadikan bernilai seni.

III.b      Seni dan Kreativitas
      Aktivitas berkesenian selalu dihubungkan dengan kata kreativitas ------------ hal itu didasari letaknya proses penciptaan pada sebuah karya seni pada kegiatan kreatif. Pada hekekatnya setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi dasar dalam kreativitas seni, hanya saja tingkat kepekaan atau sensibilitas setiap orang berbeda-beda.

      Hal ini tergantung dari berbagai faktor diantaranya adalah bakat dan latihan. Kreativitas / daya cipta seseorang bisa lahir melalui tantangan yang dihadapinya sehingga kreativitas bisa lahir berupa karya yang mempunyai nilai lebih. Secara khusus kreativitas dalam kesenian bisa diartikan sebagai kemampuan, menemukan, membuat, merancang ulang dan memadukan gagasan baru atau lama menjadi kombinasi baru. Definisi ini secara lengkap menjelaskan kemampuan seniman, proses dan hasil dari kreativitas.   

Sumber : kertas lamaku ketika masih kuliah semester 2di STKW 2005

0 komentar: